Keutamaan Surat Al waqiah

Apa saja keutaman dari surat al waqiah  ?


Surat Al-Waqi’ah adalah salah satu surat Al-Quran yang dikenal sebagai surat kekayaan,
surat penuh berkah dan memiliki banyak khasiat dan keutamaan yang besar.

Surat Al-Waqi'ah merupakan surat ke 56 pada juz ke 27 terdiri atas 96 ayat . Sebelum mejelaskan keutamaan dari surah al-waqi'ah ini,sedikit kita akan menceritakan apa yang ada di dalam kandungan surat Al-Waqi'ah.

Surat Al-Waqi'ah terdiri atas 9 bagian utama yaitu :

Bagian pertama ayat 1 – 6

Menceritakan tentang dahsyatnya peristiwa kiamat, ketika bumi digoncangkan dengan goncangan yang dahsyat dan gunung dihancurkan hingga menhjadi debu yang beterbangan.

Bagian kedua ayat 7 – 14


Menceritakan bahwa manusia dihari berbangkit akan terbagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu golongan kanan, golongan kiri dan al muqorrobun (orang yang dekat disisi Allah). Golongan al muqarrobun ini sebagian besar orang dahulu dan sebagian kecil orang diakhir zaman
.
Bagian ketiga ayat 15 – 26

Menceritakan tentang berbagai kenikmatan yang didapat oleh golongan al muqarrobun , mereka
duduk diatas dipan yang bertahtakan emas dan berlian, dikelilingi para bidadari yang membawa gelas dan cerek berisi minuman dari mata air ditaman syurga. Mereka tidak pernah mabuk meminum minuman syurga, meraka mendapat buah buahan dan daging burung , serta didampingi bidadari
yang bermata jeli bagai mutiara tersimpan rapih.

Bagian keempat ayat 27 – 40

Menceritakan tentang berbagai nikmat yang didapat oleh golongan kanan. Mereka berada ditengah
kebun dan taman serta mata air dengan buah buahan berlimpah beraneka ragam. Mereka didampingi gadis jelita sebaya umur yang diciptakan khusus bagi mereka. Golongan kanan ini sama banyak antara orang dahulu dan orang diakhir zaman.

Bagian ke lima ayat 41 – 56

Menceritakan tentang azab dan siksa yang dialami oleh golongan kiri, mereka berada ditengah naungan asap hitam yang meniupkan angin yang amat panas. Mereka memenuhi perut mereka dengan makanan dari pohon zaqqum, mereka minum air mendidih bagai untuk yang kehausan, sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan selama hidup didunia
.
Bagian ke enam ayat 57 – 62

Menceritakan tentang proses penciptaan manusia dari setetes nutfah. Allah telah menetapkan
kematian diantar manusia dan kelak akan menghidupkannya kembali. Allah kuasa menghidupkan dan
mematikan manusia , dan Dia kuasa untuk menghidupkan kembali dihari kebangkitan kelak.

Bagian ke tujuh ayat 63 – 74

Menceritakan tentang bagaimana Allah menumbuhkan tanam- tanaman, menurunkan hujan, dan
menciptakan api untuk keperluan manusia. Allah memerintakan agar manusia memikirkan dan mensyukuri semua itu serta bertasbih mensucikan namanya yang maha agung.

Bagian ke delapan ayat 75 – 82

Menceritakan tentang keutamaan kitab Al Qur’an yang diturunkan dari Allah tuhan sekalian alam. Tidak ada yang menyentuh Al Qur’an itu melainkan orang yang disucikan.

Bagian ke sembilan ayat 83 – 96

Menceritakan proses sakratul.  maut, dan Allah menyatakan jika manusia benar benar kuasa mengapa ia tidak menahan ruh itu ketika ia keluar dari tubuh manusia. Alllah juga menceritakan tentang keadaan ruh orang yang dekat padanya (almuqarrobun) , golongan kanan dan golongan kiri. Semua yang disampaikan dalam qur’an ini adalah suatu yang pasti , karena itu allah mengingatkan agar kita semua bertasbih mensucikian nama allah yang maha agung.

Dengan memahami ayat ini kita akan mengetahui wawasan tentang kehidupan dunia, peristiwa kiamat, tiga golongan manusia dihari berbangkit, berbagai nikmat bagi golongan kanan dan al muqarobun, azab yang meninmpa golongan kiri, kemuliaan Qur’an dan proses sakratul maut.

Semoga  dengan seringnya kita mengamalkan surat al Waqi'ah ini kita akan terpacu untuk meraih derajat Al Muqarrobun , yaitu golongan yang dekat dan dicintai Allah.

Berikut hadist yang menyatakan keutamaan membaca surat al Waqiah ini antara lain :

- Ubay bin ka’b berkata bahwa Rasullulah saw bersabda:

” barang siapa yang membaca surat Al- Waqi’ah, ia akan dicatat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai.”

- Abdullah bin Mas’ud berkata bahwa Rasullulah saw bersabda;

”barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah,ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya”

- Imam Ja’far Ash- Shadiq berkata :

”barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah pada malam jum’at ,ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia,tidak melihat kesengsaraan, kefakiran,kebutuhan,dan penyakit dunia,surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewan yang tidak tertandingi oleh yang lain.”

- Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata:

“barang siapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqi’ah; dan barang siapa yang ingin melihat sifat neraka,maka bacalah surat As- Sajadah.”

- Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata:

”barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah sebelum tidur,ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.”

Untuk yang ingin mengamalkan surat Al-waqi'ah bisa dilihat disini surat al-waqi'ah dalam tulisan latin. dan untuk cara mengamalkannya bisa dilihat di cara mengamalkan surat al-waqi'ah


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Keutamaan Surat Al waqiah"

  1. Surat ini salah satu surat favorit.
    Sering-sering membacanya akan membawa kebaikan dunia akhirat.

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentar anda dengan baik dan sopan.
Mohon tidak meletakan link aktif.